Tips Menjaga Kesehatan badan kita Di Musim Tidak menentu ini

 

Tips menjaga daya tahan tubuh menuntun kita pada kesehatan tubuh yang hal terpenting yang menjadi dambaan setiap orang. Bagi seseorang yang ada di perkampungan mungkin tidak asing dengan yang namanya daun beluntas, sebab daun beluntas sejak jaman nenek moyang dapat dijadikan sebagai obat keputihan bagi wanita selain kesehatan, daun beluntas mengandung zat kimia alami seperti alkholoid, minyak atsiri, flavonoid serta antibakteri yang tentunya sangat penting dalam pengobatan melawan segala jenis bakteri yang memicu terjadinya keputihan abnormal.

Perilaku SEHAT adalah Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hindari/hadapi stres, Awasi tekanan darah (gula dan lemak darah, berat badan, serta lingkar pinggang), serta Teratur (dan terukur) berolahraga,” terang Ketua Staf Medik Fungsional Promotif, Preventif, Rehabilitasi Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Prof Dr dr Budhi Setiantho SpJP(K) FIHA.

Sebagian besar kematian prematur akibat kanker dapat dicegah dengan melakukan perubahan kebijakan di sektor-sektor dalam dan di luar kesehatan, seperti pendidikan, keuangan, pembangunan, transportasi, pertanian, dan lain-lain.Pendekatan pada seluruh elemen masyarakat yang mencakup masyarakat sipil, akademisi, sektor swasta, dan pasien kanker sama pentingnya untuk mendukung pencegahan serta pengendalian.

Institute of Medicine menyarankan jumlah vitamin D yang dikonsumsi bagi wanita hingga usia 50 tahun yaitu 200 international unit (IU), bagi wanita berusia 51 hingga 70 tahun yaitu 400 IU, dan bagi wanita berusia lebih dari 71 tahun yaitu 600 IU. Sedangkan para ahli menyarankan bagi pria berusia lanjut yaitu 400 hingga 800 IU. Dan dosis harian bagi pria masih perlu dievaluasi.

Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum minuman sarat gula dan pengembangan diabetes tipe 2. Wanita yang selalu minum satu atau lebih minuman bergula sehari memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes daripada wanita yang hanya kadang-kadang atau tidak minum minuman bergula.

Ada baiknya sejak muda kita sudah mengetahui apa saja faktor resiko terjadinya serangan jantung seperti kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, adanya sejarah medis dalam keluarga dan stres, semuanya itu sangat beresiko memicu terjadinya serangan jantung pada seseorang karena itu kita perlu waspada dan sebisa mungkin kita menghindari faktor-faktor resiko tersebut agar kita bisa terbebas dari serangan jantung.

Gejala penyakit jantung yang umum terjadi adalah rasa sakit di sekitar dada dan nafas yang mulai semakin pendek sehingga misal kita berjalan menaiki tangga kadang kita akan seperti sesak nafas dan tersengal-sengal dan mudah lelah, jika kita sering mengalami hal ini maka jangan pernah mengabaikannya segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan jantung kita agar kita dapat segera mengambil tindakan pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *